Selasa, 26 Oktober 2010

Silabus Bahasa Indonesia

SILABUS
Sekolah : SMP NEGERI 1 MANGUNJAYA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.1 Menganalisis laporan Penganalisisan laporan perjalanan • Mendengarkan laporan
• Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
• Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
• Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan • Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
• Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan Tes lisan Daftar pertanyaan





Tes Uraian • Tuliskan 6 laporan dari laporan yang kamu buat
• Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuyaplik isinya 4 X 40’ Narasumber Kratif dan Percaya diri

1.2 Menanggapi isi laporan Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi • Mendengangarkan laporan perjalanan
• Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
• Memberikan tanggapan,kritik,saran terhadap laporan perjalanan • Mamapu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat
• Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman Observasi Lembat observasi • Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan
• Berilah tanggapan,kritik,ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan 2 X 40’ Narasumber Santun dan Kritis

Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan persentasi laporan
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
2.1 Berwawancar dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara Cara wawancara dan implementasinya • Mendengarkan wawancara untuk bertanya tentang etika berwawancara
• Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
• Menentukan topik wawancara
• Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara • Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
• Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara Tes tulis






Tes unjuk kerja Tes uraian






Tes simulasi • Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
• Lakukan wawancara dengan narasumber! 6 X 40’ Buku teks narasumber
Rekaman wawancara Santun dan Berpikir logis
2.2 Menyampaiakn laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar Penyampaian laporan perjalanan • Mendengarkan laporan perjalanan
• Menganggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal,intonasi,ekspresi
• Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
• Berlatih menyampaiakn laporan
• Menyampaiakn laporan secara pribadi • Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu,ruang,atau topik
• Mampu menyampaiakan laporan secara lisan Tes tulis






Tes unjuk kerja Tes uraian






Tes simulasi • Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampaikan secara lisan
• Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas 6 X 40’ Buku teks narasumber
Rekaman wawancara
Contoh laporan Percaya diri dan Berpikir




Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahmi ragam wacana tulis dengan membaca memindai,membaca cepat
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai Cara menemukan informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon dan implementasinya • Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
• Mencari subjek informasi secara cepat dan tepat
• Membaca informasi secara cepat dan tepat
• Menutup ensiklopedi/buku telepon
• Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon dengan basa sendiri • Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
• Mamapu menemukan informasi secara cepat dan tepat
• Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahas sendiri Observasi Lembar observasi • Temukan kata “lema” dalam waktu 10 detik
• Temukan informasi tentang ....dalam waktu 2’
• Kemukanan informasi yang kamu peroleh secara lisan 4 X 40’ Perpustakaan,ensiklopedi,buku telepon,buku teks Cermat dan Berpikir logis
3.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai yang tertera dalam denah Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah • Mencermati petunjuk arah mata angin
• Bertanya jawab tentang petunjuk arah
• Mencermati denah
• Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah ke arah tempat yang di tuju
• Mengemukakan arah rute perjalanan ke tempat yang di tuju • Mampu mebaca arah mata angin
• Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang di tuju dari tempat yang paling dekat
• Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju Observasi


Observasi






Tes tulis
Lembar observasi


Lembar observasi




Tes uraian • Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya
• Kemukakan tempat yang dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat
• Uraikan penjelasanmu ke arah tempat yang dituju 2 x 40’ Buku teks Cermat dan Bertanggung jawab
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit Penyimpulan isi teks bacaan • Membaca cepat dengan waktu tertentu
• Mengukur kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
• Membaca cepat dengan target 250 kata permenit
• Menjawab pertanyaan
• Menghitung KEM sendiri dan teman
• Mendiskusikan simpulan isi teks • Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
• Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketetapan 75%
• Mampu menyimpulkan isi teks bacaan Observasi





Tes tertulis



Tes tertulis Lemb. Observasi




Tes isian atau tes pilihan ganda

Tes uraian
• Bacalah teks kemudian hitung kecepatan membacamu
• Jawablah pertanyaan berikut!
• Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat 2 X 40’ Media cetak, buku referensi,pengukur waktu Cermat dan Ingin tahu

















Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,surat dinas,dan petunjuk
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar Penulisan laporan perjalanan • Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perjalanan tv
• Mendiskusikan pokok-pokok laporan perjalanan
• Menyusun kerangka laporan
• Menulis laporan perjalanan pribadi • Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang,waktu,atau tema
• Mampu mengembangkan kerangka laporan dengan bahas yang komunikatif Tes tulis






Tes unjuk kerja Tes uraian






Uji petik kerja produk • Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu
• Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis 2 X 40’ Media cetak,media elektronik, (rekaman perjalanan) Kreatif dan Berpikir logis
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah • Mengamati beberapa surat dinas,kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
• Mendiskusikan penggunaan bahasa dalam surat dinas
• Bertanyajawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
• Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
• Menyunting surat dinas • Mampu menentukan sistematika surat dinas
• Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku
• Mampu menyunting surat dinas Tes tulis






Tes unjuk kerja Tes uraian






Uji petik kerja produk • Tentukan sistematika surat dinas
• Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan osis di ruang aula
• Suntinglah surat dinas temanmu 2 X 40’ Contoh: surat dinas di skolah
Buku teks
Buku referensi Santun dan Kritis
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif Penulisan bahasa petunjuk • Membaca petunjuk
• Mendiskusikan urutan-urutan
• Membandingkan bahas petunjuk Dengan bahas deskriptif
• Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
• Tanya jawab tentang penyuntingan bahasa petunjuk yang belum efektif
• Menulis petunjuk
• Menynting bahas petunjuk • Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
• Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahas petunjuk
• Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
• Menyunting bahasa petunjuk Tes tulis






Tes unjuk kerja Tes uraian






Uji petik kerja produk • Datalah urutan melakuakan sesuatu yang ada dalam petunjuk
• Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk tulislah petunjuk cara meminum obat
• Suntinglah bahasa petunjuk temanmu 2 X 40’ Model-model petunjuk
Buku teks Kreatif inovatif dan Berpikir logis


















Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan implementasinya • Mendengarkan/menonton pementasan drama
• Mendiskusiakn unsur-unsur dramma
• Menanggapi dengan cara memberi pendapat,kritik,maupun saran • Mampu menentuakn unsur-unsur pementasan drama
• Mampu menanggapi tiap-tiap unsu dengan alasan yang logis Tes tulis




Observasi Tes uraian




Lemb. Observasi • Tentukan unsur-unsur drama
• Tanggapilah drama yang baru kamu dengar/tonton 4 X 40’ Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa Santun dan Kritis
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh drama dalam pementasan drama Cara mengevaluasi pemeran dan implementasinya • Mendengarkan/meninton pementasan drama
• Tanya jawab tentang karakter tiap-tiap tokoh
• Mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis • Mampu menentukan karakter tiapi-tiap tokoh
• Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis Tes tulis



Tes unjuk kerja Uraian



Uji petik kerja produk • Tentukan karakter tokoh
• Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis 4 x 40’ Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa Kritis dan Tanggung jawab









Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis Bermain peran • Membaca teks drama yang telah ditulis
• Menentukan karakter tokoh
• Memilih tokoh yang akan diperankan
• Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
• Olah vokal
• Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
• Memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat • Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
• Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat Tes lisan





Tes unjuk kerja Daftar pertanyaan




Tes simulasi • Tentukan karakter setiap tokoh
• Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan dialog antartokoh 6 X40’ Buku teks darama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan Kreatif dan Percaya diri
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa Bermain peran dengan berimprovisasi • Membaca kerangka teks drama yang telah ditulis
• Menentukan karakter tokoh
• Memilih tokoh yang akan diperankan
• Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
• Olah vokal
• Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
• Memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat • Mampu menentukan karakter tokoh
• Mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah Tes lisan





Tes unjuk kerja Daftar pertanyaan




Tes simulasi • Tentukan karakter setiap tokoh seperti yang terdapat di dalam kerangka naskah tulisan siswa
• Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi 6 X 40’ Buku teks darama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan Kreatif dan Percaya diri



















Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama • Membaca teks drama kemudian mendiskusikan unsur-unsur intrinsik teks drama
• Menganalisis unsur-unsur teks drama melalui diskusi
• Mendiskusikan keterkaitan antara unsur intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh • Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik yteks drama
• Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsik
• Menganalisis keterkaitan antara unsur intrinsik dalam teks drama Tes tulis




Tes tulis





Tes unjuk kerja Tes uraian




Tes uraian





Uji petik kerja produk • Apakah tema teks drama yang telah kamu baca?
• Tentukan 2 intrinsik teks drama disertai dengan contoh
• Tentukan sebuah makna dengan cara mengaitkan minimal 2 unsur intrinsik 3 X 40’ Buku teks
Buku refrensi Berpikir logis dan Kritis
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia Pembuatan siopsis novel • Mendiskusikan cara mnentukan kerangka cerita dalam novel
• Menentukan kerangka dalam novel
• Menulis sinopsis novel • Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
• Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis Penugasan Tugas proyek • Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah keranga sinopsis dan sinopsis ceritanya 4 X 40’ Novel remaja Indonesia Berpikir logis dan Cermat







Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide Penulisan naskah drama dengan keaslian ide • Mendata cerita,kemudian memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
• Menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
• Bertanya jawab mengenai keaslian ide
• Menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka naskah drama • Mampu menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide
• Mampu mengembangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keaslian ide Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk • Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama 4 X 40’ Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama Kreatif dan Tanggung jawab
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama • Mendata cerita,memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
• Menyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
• Bertanya jawab mengenai keaslian ide
• Menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama • Mampu menyusun kerangka cerita drama
• Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama Tes unjuk kerja Uji petik kerja produk • Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama
4 X 40’ Buku teks
Buku referensi Kreatif dan Tanggung jawab
SILABUS
Sekolah : SMP NEGERI 1 MANGUNJAYA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.Memahami isi berita radio/tv
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa,siapa,mengapa,dimana,kapan dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/tv Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya • Mendengarak rekaman berita dari radio/tv
• Mendiskusikan pokok-pokok berita yan didengar dari rekaman
• Menentukan pokok-pokok berita
• Menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar • Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
• Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar Tes lisan








Tes tulis Tes uraian • Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat didalam berita yang akan kamu dengar
• Tuliskan pokok-pokok berita dengan singkat 2 X 40’ Tv/radio/rekaman berita Berpikir logis dan Cermat
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/tv Cara mengemukakan kembali berita dan implementasinya • Mendengarkan rekaman berita dari radio/tv
• Menganalisis pokok-pokok berita yang didengar
• Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
• Menulis satu teks berita
• Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman • Mampu menulisak pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
• Mampu merangkai pokok-pokok berita secara bervariasi menjadi teks berita
• Mampu menyunting berita yang ditulis Tes tulis




Tes unjuk kerja




Tes unjuk kerja Tes uraian




Uji petik kerja produk




Uji petik kerja • Tulis pokok-pokok berita dengan singkat
• Tulislah teks berita dengan cara merangkai secara bervariasi pokok-pokok berita
• Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu 4 X 40’ Tv/radio/rekaman berita Berpikir logis dan Kreatif


Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengemukakan pikiran,perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
10.1 Menyampaikan persetujuan sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan Cara menyampaiakan pendapat dalam diskusi dan implementasinya • Mengamati model diskusi kemudian membahas mekanisme berdiskusi
• Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
• Menyampaikan persetujuan sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan • Mampu menentukan mekanisme diskusi
• Mampu menyampaikan persetujuan sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif Observasi Lemb. observasi • Tunjukan beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi
• Berdiskusilah dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi 4 x40’ Lingkungan,narasumber,media cetak ataupun elektronik,model,buku teks,buku referensi Santun dan Percaya diri
10.2 membawakan acara dengan bahasa yang baik dan santun Cara membawakan acara dan implementasinya • Mengamati narasumber membawakan acara
• Tanya jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
• Menyimpulkan tata urutan sapaan sambutan
• Menyimpulkan garis besar susunan acara
• Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun dengan konteks acara • Mampu menyimpulkan tatacara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
• Mampu menunjukan garis besar susunan acara
• Mampu membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara Tes unjuk kerja Tes simulasi • Jelaskan apa yang dimaksud dengan tatacara protokoler,pembawa acara
• Tunjukan garis besar susunan acara
• Berperanlah sebagai pembawa acara untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks 6 x40’ Narasumber
Buku teks
Buku referensi Santun dan Percaya diri




















Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif,membaca intensif,dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
11.1 Menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif Cara menemukan masalah utama dan implementasinya • Membaca beberapa berita untuk bertanya jawab mengenai permasalahan yang dalam tiap-tiap beritas
• Bertanya jawab mengenai masalah utama pada setiap berita
• Bertanya jawab untuk menyimpulkan kesamaan masalah dalam beberapa berita • Mampu mndata masalah-masalah dari tiap-tiap berita
• Mampu menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
• Mamapu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis Tes uraian • Tuiskan permasalahan-permasalahan
yang terdapat pada 3 teks berita
• Tuliskan masalah utama yang terdapat pada 3 teks berita
• Tuliskan kesamaan masalah yang terdapat di ke3 berita yang kamu baca 4 x40’ Media cetak Kritis dan Cermat
11.2 Menentukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif Cara menemukan informasi dan implementasinya • Membaca berita atau artikeldari media cetak
• Mendiskusikan informasi yang problematik atau kontradiktif
• Mendiskusikan rumusan masalah untuk bahan diskusi • Mampu mendata informasi yang problematikdan atau kontradiktif dari bacaan
• Mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh untuk bahan diskusi Tes tulis Tes uraian • Tulislah informasi yang bersifat problematik dan kontradiktif yang terdapat pada suatu teks 4 x 40’ Media cetak Berpikir logis dan tanggung jawab


11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas Pembacaan teks berita • Mengamati narasumber/model membacakan teks berita kemudian mendiskusikan intonasi,artikulasi,dan ekspresi narasumber/model yang bersangkutan
• Berdiskusi untuk memberikan tanda penjedaaan
• Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat artikulasi dan volume suara yang jelas serta ekspresi sesuai dengan konteks • Mampu memberi tanda penjedaan dalam teks berita
• Mamapu membacakan teks beritadengan intonasi yan tepat,artikulasi dan volume suarayang jelas serta ekspresi yang sesuai dengan konteks Tes unjuk kerja Uji petik kerja prosedur dan produk • Berilah tanda jeda pada teks berita yang akan kamu baca
• Bacakanlah teks berita tersebut di depan kelas 6 x 40’ Buku teks
Narasumber

Santun dan Cermat


















Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman teks berita slogan/poster
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
12.1 Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer Penulisan rangkuman • Membaca teks
• Mendiskusikanpokok-pokok pikiran menjadi rangkuman
• Membaca buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
• Menulis pokok-pokok isi buku
• Menulis rangkuman buku
• Menyunting rangkuman • Mampu menulis pokok-pokok isi buku
• Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
• Menyunting rangkuman Penugasan Tugas proyek • Bacalah sebuah buku ilmu pengetahua populer/penemuan kemudian
• Tuliskanpokok-pokok isinya
• Buatlah rangkuman berdasarkan pokok-pokok isi yang kamu baca
• Suntinglah dalam hal kebasaan dan isinya Rangkuman buku yang sudah kamu tulis

4 x 40’ Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan Kreatif dan Berpikir logis
12.2 menulis teks berita secara singkat padat dan jelas Penulisan teks berita • Mengamati contoh teks berita
• Berburu berita disekitar sekolah
• Menyusun data-data pokok berita
• Merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat,padat dan jelas
• Menyunting berita
• Menampilkan berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah • Mampu menyusun data pokok berita
• Mampu merangakai data pokok-pokok berita menjadi bertia singkat padat dan jelas
• Mampu menyunting berita Penugasan Tugas proyek • Tulislah data pokok berita yang kamu peroleh berdasarkan pengamatan
• Pengamatan terhadap suatu peristiwa
• Kembangkan data pokok berita menjadi sebuah teks berita
• Suntinglah tulisan berita yang sudah kamu susun 4 x 40’ Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita Berpikir logis dan Cermat
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasi Penulisan slogan/poster • Mengamati bermacam-macam poster kemudaian bertanya jawab tentang jenis-jenis poster
• Membahas bahasa dalam poster
• Menyunting bahasa poster yang salah
• Menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
• Menyunting slogan/poster sendiri • Mampu menunjukan jenis-jenis slogan/poster
• Mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
• Mampu menyunting slogan/poster Penugasan Tugas proyek • Tunjukan beberapa jenis poster berdasarkan kepreluannya
• Buatlah sebuah slogan/poster sesuai dengan konteks
• Suntinglah/poster yang sudah kamu susun 2 x 40’ Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster Kreatif dan Berpikir logis

















Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami unsur instrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan Pengidentifikasian karakter tokoh • Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan kemudian bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
• Mendata tokoh utama dan sampingan dalam novel
• Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan disertai bukti/alasan yang logis • Mampu mendata tokoh utama dan sampingan dalam coplikan novel
• Mampu mengidentifikasi karakter tokoh disertai bukti/alasan yang logis
Tes tulis Tes uraian • Tunjukan tokoh mana yang termasuk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel!
• Tentukan karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu dengar! 2 X 40’ Buku teks. Perpustakaan, Novel remaja Terjema-han Berpikir logis dan Cermat
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan Penjelasan tema dan latar novel • Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
• Bertanya jawab mengenai ide – ide utama dalam cuplikan novel
• Bertanya jawab mengenai macam – macam latar
• Menganalisis latar cuplikan novel • Mampu menyimpulkan tema cuplikan
• Mampu mendata latar – latar yang ada dalam cuplikan novel Tes tulis

Tes tulis Tes uraian

Tes uraian • Tulis tema cuplikan novel yang kamu dengarkan!
• Tulislah latar disertai dengangan bukticuplikan novel yang kamudengarkan! 4 X 40’ Buku teks. Perpustakaan, Novel remaja Terjema-han Berpikir logis dan Cermat
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja ( asli atau terjemahan ) yang dibacakan Pendeskripsian alur novel remaja • Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
• Bertanya jawab mengenai struktur alur
• Menganalisis
Thap –tahap alur
• Menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapanya

• Mampu mendata tahap – tahap alur cerita
• Mampu menentukan alur denagan dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya Tes tulis

Tes tulis Tes uraian

Tes uraian • Tulislah tahap – tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang kamu dengarkan!
• Tulislah alur cuplikan novel yang kamu denagarkan! 2 X 40’ Buku teks. Perpustakaan, Novel remaja Terjema-han Berpikir logis dan Cermat



















Standar Kompetensi : Bebicara
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja ( asli atau terjemahan )melalui kegiatan diskusi
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
14.1 Mengomentarii kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) Cara mengomentari kutipan novel dan implementasinya • Membaca kutipan novel remaja terjemahan. Kemudain bertanya jawab tentang masalah – masalah yang ada dalam kutipan
• Menunjukan keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang logis • Mampu mendata masalah – masalah yang perlu dikomentari
• Mampu mengomentari novel dengan alasan yang logis
Observasi Lembar observasi • Datalah masalah – masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat dikomentari
• Berikan pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel terjemahan yang kamu baca! 2 X 40’ Novel remaja terjema-han, Buku sumber, Buku teks Tanggung jawab dan Santun
14.2 Menanggapi hal yang menarik darikutipan novel remaja ( asli atau terjemahan) Cara menanggapi kutipan novel dan implementasinya • Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudaian mendiskusikan hal yang menarik dari kutipan novel terjemahan
• Menanggapi komentar teman tentang suatu novel remaja dengan santun • Mampu menyimpulkan tema cuplikan
• Mampu mendata latar – latar yang ada dalam cuplikan novel Observasi Lembar observasi • Kemukakan hal – hal yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca! Jelaskan pula alasan – alasannya sehingga kamu berpendapat demikian!
• Tanggapilah komentar – komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang terdapat dalam suatu kutipan novel terjemahan! 4 X 40’ Novel remaja terjema-han, Buku sumber, Buku teks Berpikir logis dan Santun


Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku novel remaja ( asli atau terjemahan ) dan antologi puisi
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel ( asli atau terjemahan ) Cara menjelaskan alur, pelaku , dan latar novel serta implementasinya • Membaca kutipan novel terjemahan untuk mendiskusikan alur, pelaku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan serta menyimpulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
• Membaca buku novel terjemahan, kemudian menganalisis alur cerita, pelaku, dan latar novel terjemahan • Mampu menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
• Mampu menentu-
kan latar novel dengan bukti yang faktual
• Menganalisis keterkaitan antar unsur intrinsikdalam teks drama

Penugasan Tugas proyek • Bacalah sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter tokoh – tokohnya!
• Buatlah laporan tentang alur ceritanya, pelaku, dan latar novel tersebut.
• Analisislah keterkaitan alur, pelaku, dan latarnya 4 X 40’ Novel remaja terjema-han Berpikir logis dan Cermat
15.2 Mengenali ciri – ciri umum puisi dari bukuantologi puisi Pengenalan ciri – ciri umum puisi. • Membaca puisi – puisi dalam buku antologi puisi, kemudian buku bertanya jawab untuk mendata hal – hal yang khusus dari puisi – puisi dalam antologi
• Mendiskusikan ciri –ciri umum puisi • Mampu mendata hal – hal yang bersifat khusus dari puisi – puisi dalam antologi
• Mampu mengidentifikasi ciri – ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi Penugasan Tugas proyek • Bacalah sebuah buku puisi, lalu buatlah laporan yang berisi data hal – hal yang khusus dari setiap puisi , kemudian simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut! 4 X 40’ Buku teks, perpustakaan Berpikir logis dan Cermat






Standar Kompetensi : Menulis
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi Dasar Materi dan Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai Penulisan puisi bebas dengan pilihan kata yang sesuai • Membaca berbagai puisi, kemudian mendaftar puisi yang akan diangkat sebagai puisi
• Bertanya jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
• Mengamati objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penulisan puisi
• Mendeskripsikan objek dalam larik – larik puitis
• Menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat puitis • Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
• Menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
• Mampu menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis Portofolio Portofolio Tulislah sebuah puisi dengan berdasarkan topik tertentu, dan dengan pilihan kata yang tepat. Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis.
Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan
4 X 40’ Buku teks, Gambar, Foto, Lingku- ngan Kreatif dan Cermat
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan Penulisan puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan • Membaca berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
• Bertanya jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
• Mengamati objek dan mendata objek yang akan dipuisikan • Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
• Mampu mendeskripsikan objek dalam larik – larik yang bersifat puitis Portofolio Portofolio Tulislah sebuah puisi dengan berdasarkan topik tertentu, dan dengan persajakan kata yang tepat!
Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis
Cermatilah komentar gurumu dan atau 2 X 40’ Buku teks, Gambar, Foto, Lingku- ngan Kreatif dan Cermat






Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktiu Sumber Belajar Karakteristik
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersipat puitis
• Menulis puisi dengan memperhatikan unsur persajakan
• Menyunting puisi yang ditulis seniri


• Mampu menyunting sendiri ppuisi yang ditulisnya Temmanmu, kemudian tulilskan perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya


Mengetahui
Kepala SMPN Mangunjaya,




Drs. Rahmat, M.Pd.
NIP 19630822 198403 1 002

Guru Mata Pelajaran,




Drs. Jakaria
NIP 19591106 198203 1 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar